Resep Lele Penyet Sambal Kemangi

Ikan lagi yah menu dari kemarin, semoga yang baca resep saya tidak bosen-bosennya membaca resep yang bebrapa hari ini temanya ikan melulu ^^ ikan lele ini bervitamin tinggi dan baik janin,
karena banyak mengandung asam omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak janin, kandungan kalium, fosfor dan natrium ini sangat di butuhkan bagi perkembangan janin, selama hamil ini saya tidak ada pantangan makanan, saya hobby makan-makanan pedas jadi selama hamil saya tetap melakukan hobby saya makan-makanan pedas, nah makanya si lele ini saya masak di campur sambal plus kemangi nyam-nyam-nyam, ngebayangin aja udah kemecer ehehe ^^

Resep Lele penyet Sambal Kemangi

Bahan :
1 kg lele segar
5 ikat kemangi
1 buah jeruk nipis
Minyak goreng

Bumbu Halus :
5 siung bawah putih
1 ruas ibu jari Jahe
1 genggam ketumbar
Garam

Bahan Sambal :
100 gram cabai rawit hijau
3 buah bawang merah
Garem
Gula pasir
Kaldu bubuk

Cara Membuatnya :

  1. Bersihkan ikan lele, lalu peras jeruk nipis rendam hingga 5 menit
  2. Bersihkan daun kemawangi, lalu pisahkan daun dan batangnya
  3. Haluskan bumbu halus, masukan bumbu halus ke dalam ikan lele yang sudah di berikan perasan jeruk nipis, rendam hingga 15 menit
  4. Tuang minyak goreng ke dalam wajan, goreng lele hingga berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan
  5. Goreng bawang merah*tidak usah di potong-potong, biarkan goreng 1 bulatan utuh
  6. Haluskan cabai rawit, masukan bawang merah yang sudah di goreng, tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk, haluskan kembali hingga sambal halus dan bumbu merata.
Cara penyajian :
Ambil daun kemangi yang sudah di petik lalu campur dengan sambal, dan balurkan sambal dengan ikan lele yang sudah di goreng, sajikan dengan nasi hangat



Labels: